1. ALIF
Alif asalnya dari Alif lafadz ALLAH,disebut juga sebagai Alif Ahadiyah/ Alif Dzatul Wahid yang menunjukkan Dzat Sejati dan adanya Hidup sejati yaitu Allah sebagai dzat MUTLAK atau ITLAQ
2. BA, TA, TSA, JIM, KHA, KHO, DAL, DZAL, RO, ZA, SA, SYA, SHOD, DHOD, 'AIN, GHAIN, FA, QOF
Hufuf BA sampai QOF asalnya dari sifat 20 yaitu menunjukkan adanya sifat sejati , Wahdah sebagai wujud adanya Rupa Allah.
3. KAF DAN LAM
KAF DAN LAM asalnya dari amal dan Ilmu menunjukkan adanya ASMA ,adanya Wahidiyah yaitu menyatakan adanya AKBAR dan Wujud Asma Allah dan Asma keagungan Allah.
4. MIM, NUN, WAWU, HA, LAM ALIF, HAMZAH, YA
MIM sampai YA asalnya dari martabat tujuh (7 ) menunjukkan AF'AL yaitu adanya seluruh alam semesta .
Martabat tujuh tersebut dibagi dua (2)
1. MARTABAT KODIM
Martabat kodim adalah martabat Ahadiyah ,Wahdah, dan Wahidiyah yaitu disebut LATA’YUN mulai dari TA’YUN AWAL sampai TA’YUN TSANI
2. MARTABAT MUHADDAST
Martabat Muhaddast yaitu lahirnya Alam Arwah , Alam Mitsal, Alam Ajsam dan Alam insan Kamil.
Amal dan ilmu menjadi martabat Dhohir dan Bathin
Amal sebagai Dhohirnya
Ilmu sebagai Bathinnya
Didalam Martabat Ahadiyah menjadi kalimat “ASYHADU”
Martabat WAHDAH menjadi Kalimat “ALLAH”
Martabat WAHIDIYAH menjadi kalimat “MUHAMMAD”
Dan tempat berkumpulnya NUR yang disebut NURULLAH dan NUR MUHAMMAD atau disebut NUR DZAT dan NUR SIFAT.
Kalimat “MUHAMMAD” menjadi iman Mufasil yang menunjukkan adanya hamba dan Allah
Allah berada dialam Qodim, sedangkan hamba berada dialam Muhadast.
Iman Mujmal berasal dari NURULLAH disebut dzat sejati
Iman Mufasil berasal dari NUR MUHAMMAD disebut jasad jati
Alam Arwah menjadi Af'alullah tanda adanya perbuatan Allah
Alam Mitsal menjadi Asmaullah tanda adanya nama Allah
Alam Ajsam menjadi Sifatullah tanda adanya Rupa Allah
Alam Insan Kamil menjadi Dzatullah adanya wujud Allah
Bila bisa berkumpul antara iman mujmal dan iman mufasil menjadi iman sempurna
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
"Silahkan berkomentar yang baik, dan lebih mendekati pada kebenaran"